Family's Doctor Always Pray for the Registered Participant's Health

Dokter Keluarga selalu Berdoa untuk Kesehatan Peserta Terdaftar. Menjadi Dokter Keluarga bagi peserta Askes Sosial selalu berharap agar peserta yang terdaftar padanya selalu sehat atau tidak akan pernah sakit. Kalau demikian halnya berarti akan menguntungkan bagi Dokter keluarga tersebut. Ini karena oleh PT (Persero) Askes Dokter keluarga dibayar berdasarkan sistem kapitasi sesuai jumlah peserta terdaftar pada dokter keluarga tersebut dan segala biaya yang dibutuhkan dalam rawat jalan di dokter keluarga yang bersangkutan sepenuhnya menjadi tanggungan dokter keluarga tersebut (seperti biaya obat, biaya sarana penunjang pelayanan termasuk blangko rujukan kalau diperlukan untuk dirujuk). Sedangkan besaran biaya kapitasi yang dibayar oleh PT (Persero) Askes sebelum potong pajak cuma Rp. 5.000.- ( Lima Ribu Rupiah.-) per jiwa terdaftar per bulan.

Bagaimana kalau lagi musim sakit (pada perubahan musim/cuaca setiap 6 bulan di wilayah Indonesia) dimana sebagian besar peserta bisa menderita sakit akibat menurunnya daya tahan tubuh karena perubahan cuaca ? maka dokter keluarga akan menderita kerugian kalau tidak melakukan antisipasi secara menyeluruh dalam mengelola dana kapitasi yang diperoleh disertai dengan doa untuk kesehatan peserta.

Kondisi seperti ini sangat berbeda dengan dokter praktek biasa yang selalu berharap didatangi orang sakit sebanyak-banyaknya dengan mendapat imbalan yang banyak pula. Sedangkan dokter praktek dokter keluarga yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi yang dalam hal ini yang ada adalah PT (Persero) Askes, selalu berharap agar tidak ada atau hanya sedikit orang sakit datang dari peserta terdaftar pada dokter keluarga tersebut.

Mengenai perkembangan kepesertaan Askes Sosial yang terdaftar pada saya sebagai salah seorang dokter praktek dokter keluarga (dari 8 orang dokter praktek keluarga) di wilayah Kabupaten Klungkung-Bali, kalau bulan I kontrak kerjasama (Desember 2009) jumlah peserta terdaftar adalah 225 jiwa, peserta yang memanfaatkan 4 jiwa, sedangkan pada bulan II kontrak kerjasama (Januari 2010) jumlah peserta terdaftar adalah 504 jiwa, peserta yang memnfaatkan 13 jiwa. Saya berharap agar pada bulan-bulan berikutnya jumlah peserta terdaftar terus meningkat dan memperoleh balance yang menguntungkan.

Post a Comment

  © Blogger template Blue Surfing by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP