Filling Vacation Together with Tirtayatra Activity

Pada hari Kamis tanggal 24 Desember 2009 adalah hari cuti bersama sehari menjelang Hari Raya Natal Bagi Umat Kristen, dimana Bapak Camat dan Staf Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung dengan mengikutsertakan pimpinan dan staf dari Dinas Istansi terkait tingkat Kecamatan Dawan (termasuk saya sendiri) melakukan kegiatan Tirtayatra Sembahyang bersama ke beberapa Pura seperti: Pura Ulun Danu Batur, Pura Pucak Sinunggal, Pura Pucak Manik dan Pura Pasar Agung / Pura Melanting Singaraja. Rombongan berkumpul pagi-pagi mulai jam 06.00 wita, setelah semua anggota rombongan siap maka rombongan mulai berangkat dengan naik Bus Pariwisata, pertama menuju Pura Ulun Danu Batur yang terletak di Kabupaten Bangli. Selesai Sembahyang rombongan melanjutkan perjalanan menuju Pura Pucak Sinunggal. Disini Bus tidak bisa langsung mencapai lokasi Pura Pucak Sinunggal, maka rombongan harus berjalan kaki naik tangga sepanjang sekita 350 meter. Sampai di lokasi Pura rombongan istirahat sebentar melepas rasa capek sambil menunggu giliran Sembahyang karena sesampainya di lokasi sementara masih ada rombongan lain yang sedang Sembahyang. Selesai Sembahyang rombongan kembali turun tangga menuju lokasi Bus parkir dan kemudian langsung melanjutkan perjalanan menuju pantai utara Singaraja. Disana rombongan istirahat makan siang bersama.

Selesai makan siang rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Pura Pucak Manik di Singaraja. Disini pun Bus tidak langsung bisa mencapai lokasi Pura Pucak Manik, mesti harus naik mobil kecil / sejenis APV sepanjang 1 km untuk mencapai ujung tangga menuju Pura. Untuk menuju lokasi Pura Pucak Manik rombongan harus jalan kaki naik tangga yang agak nanjak sepanjang lebih dari 300 meter yang makin ke atas makin nanjak. Sesampainya di lokasi Pura Pucak Manik, rombongan di sambut oleh sekelompok monyet yang siap-siap mau merampas apa saja dibawa oleh anggota rombongan, oleh karenanya kita harus waspada dan menjaga barang bawaan kita dengan sebaik-baiknya. Di Pura Pucak Manik rombongan melakukan persembahyangan bersama, kemudian kembali turun tangga menuju lokasi parkir kendaraan.

Di tempat parkir rombongan istirahat sebentar sambil menikmati snack / kopi hangat, kemudian melanjutkan acara Sembahyang bersama di Pura Pasar Agung dan Pura Melanting Singaraja, yang lokasinya tidak jauh dari tempat parkir Bus tadi. Di Pura inilah biasanya orang-orang yang punya usaha memohon agar usahanya dapat berjalan lancar dan diberkahi keuntungan yang melimpah. Acara persembahyangan selesai rombongan istirahat makan malam di sekitar lokasi parkir.

Rombongan akhirnya pulang kembali ke kampung halaman dengan naik Bus Pariwisata yang dicarter tadi dan tiba di rumah masing-masing sekitar jam 00.30 wita hari jumat tanggal 25 Desember 2009.



0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Blue Surfing by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP