Apakah Anda Ingin Sehat atau Ingin Hidup Sehat ? Lakukan Ini ...... !!

Berprilakulah Hidup Sehat dengan menerapkan Pola Hidup "CERDIK"


Gaya Hidup Masyarakat Cenderung semakin tidak Sehat sebagai akibat dari dampak kemajuan teknologi dan meningkatnya tingkat kemampuan masyarakat. Masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya cendrung serba praktis, serba malas,serba instan, serba gengsi dan  berpoya-poya. Hal ini akan berpengaruh kepada kondisi kesehatan yang tidak sehat (berpenyakit) dikemudian.



Seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya daya kemampuan masyarakat maka untuk menangkal timbulnya masalah kesehatan (penyakit) dikemudian perlu ditanamkan pedoman Prilaku hidup sehat yang disebut Pola Hidup “CERDIK” kiat dan kunci sukses dalam pencegahan dan pengendalian Penyakit agar tetap hidup dalam kondisi Sehat dengan melakukan Anjuran sebagai berikut :



Cek Kesehatan secara Berkala


Bagi yang memiliki berat badan normal dan hidup sehat sekalipun perlu memeriksakan kesehatannya secara rutin, minimal 1 kali dalam setahun. Jika memiliki factor risiko penyakit tertentu sebaiknya cek kesehatan rutin 2 kali dalam satu tahun.



Enyahkan Asap Rokok


Hindari asap rokok termasuk bagi yang tidak merokok. Pasalnya, kandungan di dalam rokok sangat berbahaya bagi organ tubuh. Asap rokok mengandung banyak racun (nikotin) yang berbahaya bagi tubuh higga menimbulkan penyakit yang berbahaya pula.



Rajin Beraktivitas Fisik / Berolahraga


Salah satu penyebab terjadinya gangguan kesehatan adalah kurangnya aktivitas fisik. Karena itu, kita harus berolahraga secara rutin agar sirkulasi darah lancer dan proses metabolisme didalam tubuh berjalan sempurna.



Diet Sehat dan Seimbang


Penuhi kebutuhan nutrisi kita dengan mengatur jumlah dan pola makan yang benar dengan gizi seimbang. Ingat, diet bukan hanya sekedar menjaga berat dan bentuk tubuh saja. Diet dilakukan untuk membuat diri kita lebih sehat.


Istirahat Cukup

Penyerapan nutrisi terbaik terjadi di malam hari. Jika kita tidur larut malam, maka penyerapan nutrisi menjadi tidak sempurna. Penyerapan nutrisi yang tidak sempurna ini dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan. Tidurlah 6–8 jam sehari agar kondisi tubuh tetap prima dan terhindar dari penyakit.


Kelola Stres

Stres menyebabkan kita menjadi tidak mengontrol gaya hidup kita. Kondisi psikologis yang buruk dapat menyebabkan kita malas beraktivitas serta makan tak terkendali. Karena tak seimbang jumlah gizi dan nutrisi, Anda lebih beresiko untuk terkena penyakit.



Demikian Anjuran yang dapat diberikan, Selamat Mencoba untuk diterapkan, Terimakasih.




0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Blue Surfing by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP