Dokter Sebaiknya Tidak Meresepkan Fibrat sebagai Pengobatan Lini Pertama pada Pasien Baru dengan Gangguan Lipid Darah

Golongan Obat Fibrat telah digunakan bertahun-tahun untuk menurunkan kadar lipid (trigliserida dan kolesterol) dalam darah. Obat golongan Fibrat yang beredar antara lain : Bezafibrat, Ciprofibrat, Fenofibrat dan Gemfibrozil.

Pada tahun 2005 CHMP Pharmacovigilance Working Party pernah melakukan review terkait ratio manfaat dan risiko Fibrat karena terbatasnya bukti mengenai manfaat jangka panjang dalam menurunkan risiko kardiovaskular.
CHMP Pharmacovigilance Working Party menyimpulkan bahwa obat-obat golongan Fibrat dapat terus digunakan dalam terapi gangguan lipid, namun sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan lini pertama.

Akhir-akhir ini The European Medicines Agency’s Committee for Medicinal Products for Human Use (CHMP) melakukan review terhadap obat golongan Fibrat karena terbatasnya informasi aspek keamanan penggunaan golongan Fibrat dalam jangka waktu panjang. Disimpulkan bahwa obat golongan Fibrat memiliki ratio manfaat yang lebih besar dari pada risiko. Namun dokter sebaiknya tidak meresepkan Fibrat sebagai pengobatan lini pertama pada pasien baru yang didiagnosis mengalami gangguan lipid darah, kecuali pada pasien hypertrigliseridemia parah atau pasien yang tidak dapat menggunakan statin.

Review CHMP Pharmacovigilance Working Party terhadap data baru yang ada juga merekomandasi fibrat dapat digunakan bersama dengan statin jika statin sendiri tidak cukup kuat untuk mengontrol kadar lipid darah.
Sementara itu, efek samping yang sering dilaporkan terkait dengan penggunaan obat golongan Fibrat, antara lain : Digestive, Gastric or intestinal Disorders (seperti abdominal pain, nausea, vomiting, diare dan perut kembung); Skin Reactions (seperti rash, pruritus, urticaria dan photosensitivity / cutaneous photosensitivity dengan manifestasi eritema, vesiculation atau nodulation pada bagian kulit yang terpapar sinar matahari). 


Sumber : Buletin Berita Meso Badan POM, Vol 29, No. 1, Juni 2011 

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Blue Surfing by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP