Ngadonang Lawar dan Metanding

Ngadonang lawar adalah merupakan kegiatan mencampur (intermix) bahan lawar dan bumbu-bumbuan yang telah disiapkan sebelumnya, diaduk merata sampai lawar siap disajikan. Lawar itu sendiri adalah masakan khas orang Bali (Balinese special food). Sedangkan metanding dimaksudkan adalah kegiatan merangkai bahan sesaji yang telah disiapkan sampai menjadi sesaji/sesajen yang siap dipersembahkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa pada saat melaksanakan persembahyangan di Pura atau tempat suci.

Hari ini selasa (13/10/2009) merupakan hari penampahan Galungan, kami sekeluarga bangun pagi-pagi sekali untuk melakukan serangkaian kegiatan ngeracik bahan lawar seperti nangka, daging babi, kelapa, buah kacang yang sebelumnya tentunya sudah direbus sampai matang (ngeracik bumbu sudah dilakukan kemarin) sekalian menyiapkan kalasnya. Disamping ngeracik bahan lawar juga dilakukan ngeracik daging babi bahan sate lilit serta memotong-potong daging untuk bahan sate tusuk kemudian diberi bumbu dan ditusuk atau dililitkan pada suatu tangkai yang dibuat dari potongan bambu serta dipanggang matang diatas bara api arang, sate siap disajikan. Sementara semua bahan lawar sudah siap (bahan lawar sudah semua diracik, bumbu dan kalas sudah siap) maka dilanjutkan dengan mencampur bahan lawar (ngadonang lawar) sesuai dengan jenis lawar yang dsukai (lawar nangka, lawar kacang, lawar gobed/parut kelapa sejenis penyon).

Sekitar pukul sebelasan semua kegiatan nyate maupun ngelawar sudah rampung dan siap disajikan, mulai untuk persembahan, munjung, ngejot dan dinikmati bersama keluarga. Dilanjutkan dengan kegiatan pasang pengangge (menghias pelinggih/merajan, bale gede) dan pembuatan/pasang penjor. Sementara kegiatan metanding/merangkai sesajen untuk persiapan upacara Hari Raya Galungan besok Rabu Kliwon wuku Dungulan (14/10/2009) dilakukan oleh istri dibantu anak-anak.

Wah, suatu kesibukan yang sungguh luar biasa hari ini, tanpa rasa lelah dalam menyambut Hari Raya Galungan kali ini, SMS pun mulai ramai dengan ucapan " Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan " Semoga ............ dst.

2 comments:

Anonymous,  December 20, 2009 at 8:57 PM  

Semalat menikmati Lawar

Salam
http://iklanbaris-gratis.org

Media December 21, 2009 at 5:45 AM  

Terimakasih, Kok Semalat ...., ah ada-ada saja !

Post a Comment

  © Blogger template Blue Surfing by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP